Kamis, 11 Oktober 2007

3 Pelajar SMA Immanuel Pontianak Bakal Bertarung di LIPI

Herkulanus Agus
Borneo Tribune, Pontianak

Siswa-siswi Kalimantan Barat sebetulnya mempunyai prestasi yang menonjol dan tidak kalah dengan Provinsi lainnya di tanah air. Di antaranya dibuktikan tiga siswa-siswi SMA Immanuel Pontianak Eka Ciptawiguna, Juli Susanti dan Juliawati. Tiga siswa ini berhasil mendapatkan tiket untuk mengikuti lomba karya ilmiah remaja ke-29 tanggal 28 Oktober mendatang di Jakarta. Lomba karya ilmiah tersebut dilaksanakan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).
“Pemanfaatan lempung alam Capkala sebagai keunggulan dalam proses penjernihan air. Adalah judul karya ilmiah tiga siswa tersebut,” terang Kepala Sekolah SMA/SMK Immanuel Pontianak Eka Widjajanti.
Menurut Eka, saat ini sekolah juga melakukan persiapan pendampingan agar siswa dapat berhasil membawa harum nama sekolah. Persiapan tersebut selain dilakukan di sekolah juga dilaksanakan di luar.
“Umumnya anak-anak kita tergabung dalam Sains Club sekolah,” terangnya.
Sains Club sekolah adalah lembaga dalam kegiatan ekstrakurikuler sekolah yang menaungi siswa-siswi kreatif di bidang karya ilmiah. Mereka dibekali dengan ilmu-ilmu penelitian layaknya anak-anak kuliah. Mereka diajak untuk mengetahui makna dan kegunaan, masing-masing zat. Baik yang bersumber dari alam, maupun kimia. Setelah mendapatkan teori baru dilaksanakan dengan aplikasi di lapangan. Berkat Sains Club itu pula, lahir ide-ide kreatif siswa.
“Sebenarnya sederhana saja,” urainya.
Ketika ditanya apakah ada kiat khusus yang dilakukan sekolah? Dijelaskan Eka, sebenarnya tidak ada resep khusus. Namun dukungan kepada siswa, agar mereka terus melakukan prestasi terus dilaksanakan. Sehingga menurut Eka di dalam sains, cukup banyak prestasi yang telah dicapai.
“Untuk dalam sains tingkat provinsi sudah menjadi langganan,” ungkap Eka.
Selanjutnya pada olimpiade sains kimia tingkat Nasional baru-baru lalu, siswa sekolah ini atas nama Indra Kurniawan berhasil menyumbangkan medali perunggu.

Tidak ada komentar: