Senin, 30 Juli 2007

SMA Talino Sungai Ambawang

Hiburan dan Api Unggun Tutup MOS SMAK Talino Sungai Ambawang

Herkulanus Agus
Borneo Tribune, Pontianak

Panitia Masa Orientasi Siswa (MOS) Sekolah Menengah Atas Khatolik (SMAK) Talino Sungai Ambawang ingin memberikan kesan tersendiri dalam penutupan MOS, Jumat (20/7) dengan merangkai acara yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.
Pada penutupan MOS kali ini mereka menggelar acara hiburan siswa hasil kolaborasi alumnus serta siswa-siswa yang masih aktif belajar. Hiburannya yang disajikan berupa band sekolah, vokalis, musik serta kegiatan lainya.
Untuk menyadarkan siswa akan pentingnya arti pendidikan bagi masa depan, pihak panitia juga menggelar acara api unggun.
“Dalam acara api unggun yang dilaksanakan tepat pukul 11.00 WIB ada acara renungan,” ungkap Plt Kepala SMAK Talino, Kanisius Mando, kepada wartawan Borneo Tribune, Sabtu (21/7).
Menurut Kanisius demikian sapaan akrabnya, kegiatan itu sengaja digelar untuk memberikan warna lain khususnya bagi siswa-siswi yang baru masuk di SMAK Talino. Sebab untuk menempuh pendidikan agar hasilnya baik, dibutuhkan pemahaman khusus siswa-siswi baru.
Karenanya dalam kegiatan tersebut panitia juga melibatkan siswa kelas 11 dan kelas 12. Dengan harapan ada hubungan baik antara senior dan junior di sekolah tersebut.
“Kita berharap nantinya 156 siswa kita mampu berkompetisi dengan siswa lainnya di Kalimantan Barat,” ungkapnya.
Ditambahkan ketua panitia pelaksana MOS Alexander, sebelum penutupan MOS panitia telah memberikan materi yang sifatnya mendidik selama tiga hari yaitu Senin (16/7)- Rabu (18/7). Materi yang disampaikan meliputi upacara bendera, perkenalan siswa, pengenalan lagu-lagu, pengenalan sekolah, wawasan wiatamandala, tata krama, hubungan siswa dengan masyarakat, cara belajar yang efektip, peran siswa terhadap sekolah, manfaat pendidikan bagi siswa, pembuatan laporan kegiatan oleh siswa.
“Semua materi itu melibatkan guru yang ada di sini,” terang Alxander.
Di antaranya, Yosida, Yani, Kanisius Mando, Linda, Alexander, Hendrikus, Yhasintus serta Fiter.
“Kita berharap agar MOS ini bisa meningkatkan kwalitas siswa dengan mengubah pola berpikir,” pintanya.
Jika di lihat dari sejarahnya, SMAK Talino lahir pada tahun 1985, memperoleh izin operasional pada tahun 1988. Tanggal 27 September 1990 memperluas statatus terdaftar dari direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Tahun ajaran 2007/ 2008 adalah angkatan ke 23. Alumni SMAK Talino banyak yang telah sukses meraih prestasi, baik menjadi Pator, suster, guru, Polisi, Tentara, PNS karyawan serta pebisnis. Dengan semboyan “ Belajar bukan hanya sekolah tapi untuk hidup’. Untuk itu lembaga SMAK Talino tetap berjuang mengembangkan kemampuan, pengetahuan dan tekbnologi untuk pengembangan masa depan.
SMAK Talino mempunyai visi berdasarkan iman dan semangat Kristiani serta menjadikan Pancasila sebagai dasar hidup berbangsa dan bernegera, SMAK Talini hendak hendak meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) pedasaan melalui pendidikan formal sehingga mereka mampu berpikir kristis dan positif, kreatif dan inovatif serta beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Mahe Esa dan bersikap demokratis berdasarkan Pancasila.
Sedangkan misinya adalah; mewujudkan peserta didik berwawasan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berlandaskan iman dan taqwa. Meningkatkan profesionalisme dan keteladanan terhadap semua pelaku pendidikan. Mempelopori reformasi di bidang ke pendidikan, membentuk insan akademisi yang cinta ilmu pengetahuan, lingkungan dan kebudayaan. Meningkatkan keterampilan akademis dan prestasi ekstrakurikuler dan menumbuhkan kreatifitas seni tari, musik dan seni suara.
Untuk menunjang semua kegiatan SMAK Talino memiliki sarana pendukung. Untuk olah raga ada lapangan Badminton, lapangan bola volly, tenis meja, lapangan sepak bola, sarana atletik lainnya. Sementara untuk fasilitas praktik komputer SMK Talino memiliki 20 unit komputer yang difasilitasi genset berkekuatan 10.000 KV dan untuk musik dan band sekolah.

1 komentar:

joetalino mengatakan...

Trimaksih bung Agus, memang SMAK Talino dengan Motto "AKSI" dan dengan dukungan PANAMA COMMUNITY akan selalu memberi warna pada sekolah dan lingkungan....nantikan kami di 25th SMAK Talino tahun 2010, kami akan menggoyang Ambawang dan Kalbar kembali setelah sukses megadakan REUNI AKBAR tahun 2008 yang lalu.... nantikan dan Dukung Ya....